Menjalani hidup sehat memang bukan perkara yang mudah. Sering kali saat kita menjalani hidup sehat dengan menjaga pola makan, godaan untuk makan cemilan atau minum minuman tidak sehat datang. Rasa gampang lapar juga sering datang bagi mereka yang sedang menjaga pola makan.

Padahal, rasa lapar tersebut bisa saja datang karena kita tidak mengonsumsi jenis makanan yang tepat sehingga perut susah merasa kenyang. Dikutip dari dari popsugar.com, Marci Nevin yang merupakan pelatih kebugaran dan gaya hidup mengunggah beberapa saran tentang jenis makanan yang harus dikonsumsi untuk menekan rasa lapar melalui akun Instagramnya, @marcinevin. Ada beberapa opsi tips makanan yang bisa kita konsumsi agar tidak sering merasa lapar.

Yang pertama, kamu bisa targetkan mengonsumsi sekitar 0.8 hingga 1.5 gram protein tanpa lemak per 0.45kg berat badan. Alokasikan setidaknya 20 30 persen protein dari porsi makan sehari. Kamu dapat mengonsumsi protein tanpa lemak seperti ikan, tahu, atau telur.

Protein menyediakan energi bagi tubuh dan membakar lebih banyak kalori ketika dicerna. Selain itu, protein juga menjaga agar kita tetap merasa kenyang lebih lama. Maksudnya adalah kamu dapat makan dengan porsi besar namun jarang agar dapat memuaskan rasa lapar.

Buatlah jarak antar makan besar setiap lima jam. Rutinitas tersebut akan membuatmu lebih jarang memikirkan makanan. Ketika kamu membiasakan diri makan dengan porsi yang kecil namun sering, tubuh akan mengharapkan makanan setiap beberapa jam sekali.

Rasa kenyang lebih lama bisa terjadi ketika kita mengonsumsi lemak, karena lemak diproses lebih lambat. Kamu bisa mengonsumsi lemak sehat tak jenuh seperti telur, kacang, biji bijian, atau alpukat pada setiap jadwal makanmu. Jika kamu ingin makan cemilan, kamu bisa mencoba alpukat atau biji bunga matahari sebagai cemilan.

Karena dengan menambahkan cemilan lemak sehat akan memperpanjang rasa kenyang. Banyak persepsi rasa lapar dikaitakan dengan beberapa memuaskannya sebuah menu makanan. Jika kamu mengonsumsi ayam tawar dan brokoli rebus, kemungkinan kamu merasa lapar lebih besar.

Hal tersebut terjadi karena kamu tidak menikmati menu makanan tersebut. Kamu bisa memilih makanan bernutrisi tinggi yang kamu sukai. Jika kamu lebih menyukai ikan dalam menu makanmu, maka makanlah ikan tersebut.

Makanan dengan volume dan serat tinggi cenderung memiliki sedikit kalori. Makanan tersebut akan membuatmu lebih cepat kenyang. Pastikan menu makanmu terdapat makanan berserat tinggi seperti sayuran berserat, oatmeal, putih telur dan buah rendah kalori.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave A Comment

Recommended Posts

Cara Memilih Pusat Rehabilitasi Narkoba Terbaik

Pergaulan bebas membuat beberapa orang mengalami kecanduan narkoba. Kecanduan adalah penyakit yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia, tetapi ada harapan untuk pemulihan. Dengan pusat rehabilitasi narkoba yang tepat, Anda dapat pulih dari kecanduan dan menjalani kehidupan yang sehat dan produktif. Rehabilitasi […]

admin