Jumlah kasus virus corona atau Covid 19 di Indonesia bertambah sebanyak 1.445 kasus perSenin (27/6/2022). Dengan demikian, jumlah total kasus positif Covid 19 menjadi 6.081.896 sejak pertama terkonfirmasi pada 2 Maret 2020 silam. Penambahan kasus baru ini mengalami penurunan sebanyak 281 kasus dibanding pada Minggu (26/6/2022) kemarin.

Data Kemkes.go.id pada Senin hari menyebut, ada sejumlah 1.637 orang yang berhasil sembuh dari Covid 19. Sehingga, pasien sembuh saat ini berjumlah 5.910.855 jiwa dari sebelumnya sebanyak 5.909.218 jiwa. Sementara itu, jumlah kasus positif Covid 19 yang dinyatakan meninggal dunia juga bertambah sebanyak 9 orang.

Total orang meninggal dunia akibat virus corona menjadi 156.726 orang dari yang sebelumnya sebanyak 156.717 orang. Penambahan kasus positif tersebut tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Informasi ini dapat terlihat dari data peta persebaran kasus pada tiap provinsi.

Update corona atau Covid 19 di Indonesia bisa di akses . Diwartakan sebelumnya, Majelis Ulama Indonesia (MUI) menetapkan fatwa nomor 8 tahun 2022 tentang status vaksin Merah Putih, UA SARS CoV 2 (Vero Cell) Inactivated PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia hukumnya suci dan halal. Penetapkan hukum halalnya vaksin Merah Putih, MUI berpegang teguh pada dalil Alquran, hadis, kaidah fiqih, hingga pendapat ulama dalam putusannya.

Dalam keputusan Komisi Fatwa MUI bersama LPPOM MUI itu dinyatakan Vaksin Merah Putih boleh digunakan sepanjang terjamin keamanannya menurut ahli. Putusan ini diperoleh dengan merujuk proses produksi vaksin Covid 19 produk PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia. Pertama, tidak memanfaatkan (intifa’) babi atau bahan yang tercemar babi dan turunannya.

Kedua, bahan tidak memanfaatkan bagian anggota tubuh manusia (juz’ minal insan). Yang ketiga, bersentuhan dengan barang najis mutawassithah, sehingga dihukumi mutanajjis, tetapi sudah dilakukan pensucian yang telah memenuhi ketentuan pensucian secara syar’i (tathhir syar’i). Dan yang keempat fasilitas produksi yang digunakan suci dan hanya digunakan untuk produk vaksin Covid 19.

Lebih lanjut, peralatan dan pensucian dalam proses produksi vaksin di PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia dipandang telah memenuhi ketentuan pencucian secara syar’i (tathhir syar’i).

Leave A Comment

Recommended Posts

Cara Memilih Pusat Rehabilitasi Narkoba Terbaik

Pergaulan bebas membuat beberapa orang mengalami kecanduan narkoba. Kecanduan adalah penyakit yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia, tetapi ada harapan untuk pemulihan. Dengan pusat rehabilitasi narkoba yang tepat, Anda dapat pulih dari kecanduan dan menjalani kehidupan yang sehat dan produktif. Rehabilitasi […]

admin