Buronan polisi Jepang Mitsuhiro Taniguchi (47) diduga melarikan diri atau kabur ke Indonesia. Ternyata, dia masih belum terdaftar dalam red notice di Interpol. Demikian disampaikan oleh Sekretaris NCB Interpol Indonesia, Brigjen Amur Chandra Juli Buana. Ia menyampaikan bahwa nama Mitsuhiro Taniguchi masih belum masuk ke daftar interpol. "Sejauh ini subjek belum terdata dalam red notice interpol," kata Amur kepada wartawan, Senin (6/6/2022).

Kendati begitu, Ia menyampaikan bahwa pihaknya bakal berkoordinasi dengan pihak imigrasi untuk menyelidiki keberadaan Mitsuhiro yang disebut berada di Indonesia. "NCB Jakarta sudah berkoordinasi dengan imigrasi untuk memastikan apakah subjek ada dalam wilayah hukum Indonesia," pungkasnya. Diberitakan sebelumnya, Stasiun NTV, sebuah televisi besar Jepang mengirimkan dua wartawannya ke Jakarta, Kamis (2/6/2022) untuk menyelidiki keberadaan Mitsuhiro Taniguchi (47).

Mitsuhiro Taniguchi adalah buronan polisi Jepang sejak 1 Mei 2022. Tim NTV menyambangi ke kantor Taniguchi di Jakarta seputaran segitigas emas, ke lantai 12 gedung perkantoran (share office). Alamat kantor ini sesuai yang tertulis di kartu nama Taniguchi sebagai CEO di tempat itu. "Nama perusahaan itu memang ada di lantai 12 tetapi tak pernah dengar nama orang Jepang itu. Polisi juga kemarin datang ke sini mencari nama itu juga dan kita kata tidak tahu," kata seorang petugas gedung kepada wartawan NTV.

Lalu tim NTV pergi ke satu perusahaan Taniguchi yang lain di sebuah daerah perumahan di luar Jakarta Pusat. Pada kartu nama Taniguchi selain nama perusahaan juga tertulis bidang bisnisnya yakni Mining Funding Project Planning, sebagai Komisaris di perusahaan Indonesia itu. "Tidak ada pak yang tinggal di sana, kosong," ungkap seorang pria yang ada dekat rumah yang alamatnya tertulis di kartu nama Taniguchi.

Pemilik rumah tersebut orang Indonesia yang namanya sebagai CEO perusahaan Taniguchi, juga sudah meninggalkan rumah itu sejak 2019, demikian keterangan pria tetangga rumah tersebut. Teman Taniguchi yang diwawancarai NTV mengaku diajak berinvestasi dan ke Indoensia. Lalu mengirimkan uang jutaan yen ke rekening bank Taniguchi. "Beberapa kali saya kontak dia akhirnya muncul jawaban chattingnya 1 Oktober 2020 bahwa Taniguchi ada masalah besar dan berjanji akan hubungi kembali. Namun sejak itu tak ada kontak lagi," ungkap temannya itu.

Bahkan sampai saat ini tidak ada tanggapan dari Taniguchi. Tim NTV juga ke Sumatera melihat langsung lokasi film Taniguchi yang memperlihatkan tempat galian minyak kecil di sana. Akhirnya ditemukan, termasuk orang yang mengaku pernah melihat Taniguchi di Sumatera. Namun semuanya tidak tahu di mana Taniguchi berada. Saat ini menurut penyelidikan NTV, ada sekitar 500 galian sumur minyak kecil di Sumatera. Taniguchi mengajukan aplikasi subsidi bagi perusahaan skala kecil menengah (UKM) Jepang yang kesulitan karena terdampak corona sejak Agustus 2020.

Sekitar 1.800 aplikasi dikerjakannya bersama istri dan dua putranya. Terakhir September 2020 meraih sekitar 960 juta yen uang subsidi pemerintah yang kemudian mengetahui ada yang ditolak aplikasinya. Ketika tahu bahwa aksi penipuannya mulai terendus, Oktober 2020 Taniguchi kabur ke Indonesia. Istri dan kedua anak Taniguchi telah ditangkap di Jepang dengan tuduhan kongkalikong melakukan penipuan dengan Mitsuhiro Taniguchi.Sampai kini kedua pihak kepolisian Jepang maupun kepolisian Indonesia masih terus mencari dan mengejar buron polisi Jepang itu di Indonesia.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang), belajar gratis di sekolah bahasa Jepang di Jepang, serta upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif. Info lengkap silakan email: [email protected] dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Leave A Comment

Recommended Posts

Cara Memilih Pusat Rehabilitasi Narkoba Terbaik

Pergaulan bebas membuat beberapa orang mengalami kecanduan narkoba. Kecanduan adalah penyakit yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia, tetapi ada harapan untuk pemulihan. Dengan pusat rehabilitasi narkoba yang tepat, Anda dapat pulih dari kecanduan dan menjalani kehidupan yang sehat dan produktif. Rehabilitasi […]

admin