Simak update kasus virus corona atau Covid 19 di Indonesia per Kamis (23/6/2022). Kasus virus corona atau Covid 19 di Indonesia pada Kamis mengalami penurunan dibanding Rabu (22/6/2022), dari 1.985 kasus menjadi 1.907 kasus. Tambahan 1.907 kasus Covid 19 tersebut membuat total kasus Covid 19 di Indonesia menjadi 6.074.825 kasus sejak pertama kali diumumkan.

Selain itu, ada 1.146 orang yang dinyatakan telah sembuh dari Covid 19. Tambahan ini membuat total kesembuhan dari Covid 19 di Indonesia menjadi 5.905.971 orang. Namun, adapula tambahan kasus kematian yaitu sejumlah empat korban jiwa.

Jumlah itu membuat total kematian akibat virus corona di Indonesia menjadi 156.706 korban meninggal dunia. Pemerintah kembali melakukan beberapa penyesuaian terkait penanganan Covid 19. Setelah tren kasus kembali meningkat, terjadi importasi kasus Covid 19 bervarian baru dan evaluasi tata laksanaprotokol kesehatanacara yang melibatkan banyak orang sebelumnya.

Dikutip dari , Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid 19, Prof. Wiku Adisasmito, menjelaskan hingga Selasa, 21 Juni 2022, Satgas Penanganan Covid 19 merilis dan memberlakukan secara efektif Surat Edaran (SE) Nomor 20 Tahun 2022 tentang Protokol Kesehatan pada Pelaksanaan Kegiatan Berskala Besar. "Kebijakan ini dikeluarkan atas kesepakatan lintas kementerian dan lembaga. Sebagai salah satu upaya antisipasi yang diambil yaitu melakukan penyesuaian pengaturan kegiatan berskala besar di masa pandemi Covid 19," kata Wiku dalam keterangan pers virtual, Selasa (21/6/2022). SE terbaru ini mengatur acara yang dihadiri lebih dari 1.000 orang secara fisik dalam waktu dan lokasi tertentu yang sama, baik dalam maupun luar ruang.

Pengaturan mencakup kegiatan lokal dengan partisipan lintas provinsi/kabupaten seperti perhelatan sosial dan budaya masyarakat, maupun kegiatan internasional dengan partisipan antar negara (multilateral) seperti konferensi dan pertemuan wakil negara baik WNI maupun WNA. "Dimohon SE ini dipahami dengan baik oleh penyelenggara acara, baik yang sudah maupun akan mengajukan perizinan ke pihak terkait. Segera lakukan penyesuaian untuk memastikan kenyamanan dan kelancaran acara," ujar dia. Khususnya pemerintah daerah, dimohon segera menindaklanjuti SE ini dengan peraturan daerah masing masing.

Dukung implementasi yang baik di lapangan dengan penyediaan fasilitas vaksinasi booster serta fasilitas penunjang Covid 19 yang baik. "Penyesuaian kebijakan ini akan terus dipantau implementasinya sesuai data dan kondisi riil yang ada di lapangan," ungkap Wiku.

Leave A Comment

Recommended Posts

Cara Memilih Pusat Rehabilitasi Narkoba Terbaik

Pergaulan bebas membuat beberapa orang mengalami kecanduan narkoba. Kecanduan adalah penyakit yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia, tetapi ada harapan untuk pemulihan. Dengan pusat rehabilitasi narkoba yang tepat, Anda dapat pulih dari kecanduan dan menjalani kehidupan yang sehat dan produktif. Rehabilitasi […]

admin