Kota Pagaralam Sumatera Selatan rencananya akan dikunjungi Presiden Joko Widodo. Kedatangan Presiden Jokowi guna mencanangkan Kota Pagaralam menjadi Kota Energi Hijau, Senin (24/1/2022). Pencanangan Pagaralam Kota Energi Hijau di Sumsel akan digelar di Lapangan Merdeka Alun alun Utara Kota Pagaralam yang nantinya akan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Dicanangkannya Pagar Alam menjadi Kota Energi Hijau karena Pagar Alam akan memiliki pembangikit listrik yang dihasilkan dari sumber daya alam seperti air dan panas bumi. Saat ini juga sudah ada pembangkit listrik tanaga hidro dan panas bumi yang ada di Kabupaten Muara Enim, Lahat dan Pagar Alam. Kedatangan Presiden RI Joko Widodo ini merupakan kedatangan kedua orang nomor satu di Indonesia ini setelah presiden pertama yaitu Ir Soekarno pada tahun 1952 lalu.

Jadi, ini setelah 70 tahun Pagar Alam kembali dikunjungi oleh Presiden. Hal ini membuat bangga masyarakat Pagar Alam. Salah satu arsip foto yang ada di Kota Pagar Alam yaitu foto yang menunjukan presiden pertama Indonesia Ir Soekarno yang sedang menyaksikan pentas seni masyarakat Kota Pagar Alam saat kehadirannya di Pagar Alam 70 tahun yang lalu.

Salah satu tokoh masyarakat Pagar Alam H Dimyati Rais mengatakan, bahwa sebagai masyarakat Pagar Alam dirinya sangat senang jika Presiden RI Joko Widodo akan berkunjung ke Pagar Alam. "Jika rencana ini benar saya sebagai masyarakat Pagar Alam sangat senang. Jangan lupa Like fanspage Facebook Sriwijaya Post di bawah ini:

Karena Presiden Jokowi ini merupakan presiden kedua yang menginjakan kaki ke Pagar Alam setelah Presiden Soekarno pada tahun 1952 lalu," ujarnya, Jumat (21/1/2022). Jika benar Presiden Jokowi akan datang ke Pagar Alam, maka hal ini akan menjadi sejarah baru untuk Kota Pagar Alam. Pasalnya meskipun Pagar Alam salah satu Kota kecil di Indonesia namun menjadi perhatian Presiden.

"Bangga dan senang jika Pagar Alam kembali dikunjungi Presiden setelah 70 tahun lalu pernah dikunjungi presiden pertama Indonesia setelah merdeka yaitu Bapak Ir Soekarno," katanya. Sementara itu, Praktisi Sejarah Kota Pagar Alam Madi Lani juga menjelaskan, jika pada tahun 1952 itu Presiden Soekarno datang ke Pagar Alam dan berkunjung ke kantor kewedanaan atau kanyor MKGR yang saat ini menjadi lokasi Perpusda Kota Pagar Alam. "Berdasarkan cerita yang saya dapat saat itu Pak Soekarno sedang menyaksikan kesenian khas Kota Pagar Alam. Penari yang duduk disamping pak Soekarno itu adalah Delima yang merupakan penari Kebagh Kota Pagar Alam kalah itu.

Jadi Presiden Jokowi merupakan presiden kedua yang datang ketanah Besemah ini," jelasnya. (one)

Leave A Comment

Recommended Posts

Cara Memilih Pusat Rehabilitasi Narkoba Terbaik

Pergaulan bebas membuat beberapa orang mengalami kecanduan narkoba. Kecanduan adalah penyakit yang mempengaruhi jutaan orang di seluruh dunia, tetapi ada harapan untuk pemulihan. Dengan pusat rehabilitasi narkoba yang tepat, Anda dapat pulih dari kecanduan dan menjalani kehidupan yang sehat dan produktif. Rehabilitasi […]

admin