Pentingnya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat untuk Membasmi Rayap

Di balik tubuhnya yang mungil, rayap merupakan hama yang tak boleh dipandang sebelah mata. Selain sering merusak perabot rumah tangga, rayap juga dikenal sebagai salah satu penyebab kerugian di sejumlah tempat usaha. Namun karena ukurannya yang sangat kecil membuat pembasmian rayap sulit dilakukan sendiri. Untuk mengatasinya, dibutuhkan jasa basmi rayap profesional agar hewan tersebut dapat dibasmi dengan cara yang aman.

Pentingnya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat untuk Membasmi Rayap

Besarnya kerugian yang disebabkan rayap

Asosiasi Perusahaan Pengendalian Hama Indonesia (ASPPHAMI) telah mencatat kerugian yang dipicu rayap di Indonesia ditaksir telah menembus Rp2,8 triliun. Lokasi-lokasi usaha yang mengalami masalah tersebut, berdasarkan laporan ASPPHAMI tersebar dari gedung perkantoran, lahan perkebunan, hingga area kehutanan.

Bukan hanya berdampak pada kondisi perekonomian, serangan hama tersebut membuat karyawan kurang nyaman selama beraktivitas di kantor. Boyke Arie Pahlevi selaku ketua umum ASPPHAMI mengatakan “rayap-rayap yang bersarang di tempat-tempat usaha tak lepas dari faktor tingginya kelembapan udara yang mencapai 70% sampai 90%.” 

Uniknya, risiko ini justru dijadikan peluang usaha menjanjikan. Terbukti dari kemunculan penyedia jasa pembasmi hama di berbagai kota di Indonesia. Boyke mengatakan “setidaknya ada lebih dari 700 perusahaan lokal yang menawarkan layanan jasa anti rayap tersebut. Kehadiran mereka pun diharapkan dapat membantu masyarakat mengatasi rayap secara efektif.”

Meningkatkan kesadaran masyarakat akan bahaya rayap

Walau pertumbuhan jasa basmi rayap profesional terus meningkat, akan tetapi kesadaran masyarakat akan bahaya rayap masih terbilang rendah. Hal ini dinyatakan Sulaeman Yusuf, Kepala Pusat Penelitian Biomaterial di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI. Menurutnya, bahaya yang disebabkan serangan rayap sudah berada di level yang mengkhawatirkan. Jika kesadaran masyarakat tak kunjung naik, kerugian yang dipicu rayap berpotensi semakin besar.

Sulaeman menambahkan, masyarakat masih mempunyai anggapan mengganti kayu yang dikenal sebagai bahan favorit rayap dengan material seperti besi atau metal adalah solusi tercepat untuk menahan serangan dari hama tersebut. Kenyataannya, langkah tersebut tak selalu memberikan hasil yang baik. Apalagi kalau ternyata bahan-bahan yang digunakan tidak sesuai dengan lingkungan kerja.

Bahkan, kenyataan ini berbeda dengan situasi dan kondisi di negara-negara seperti Thailand, Tiongkok, Jepang, dan bagian pesisir barat Amerika. Masyarakat di sana sudah menyadari bahaya yang ditimbulkan hama seperti rayap. Terlihat dari sejumlah pencegahan dan pengendalian yang dilakukan sedini mungkin, sehingga kerugian dapat ditekan secara maksimal.

Oleh karena itu, yuk, cegah rayap yang muncul di rumah dan tempat usaha dengan memanfaatkan layanan pembasmi rayap professional agar dapat menekan kerugian maupun kerusakan yang ditimbulkan oleh rayap tersebut.

Semoga bermanfaat!

Leave A Comment

Recommended Posts

Makanan Penurun Gula Darah dan Kolesterol
Uncategorized

Makanan Penurun Gula Darah dan Kolesterol

Kadar gula darah dan kolesterol yang tinggi adalah masalah kesehatan yang umum di kalangan banyak orang. Kedua kondisi ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes jika tidak dikelola dengan baik. Namun, dengan memilih makanan yang tepat dan mengikuti pola makan […]

admin